SOSIALISASI DAN LAUNCHING CENDOK IRENG

Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan meluncurkan Inovasi Cendok Ireng yaitu  Enceng Gondok di olah bareng-bareng. Inovasi ini untuk Mengoptimalisasi Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Pasirkratonkramat yaitu dengan pengolahan enceng gondok dan dimanfaatkan sebagai Biokompos dan Palet Ikan.

Cendok Ireng ini diinisiasi oleh Lurah Pasirkratonkramat, Ibu Dwi Indah Widiastuti.   inovasi Cendok Ireng  ini sendiri merupakan aksi perubahan dari Ibu Dwi Indah Widiatuti sebagai tindak lanjut setelah mengikuti Diklat Kepemimpinan Pengawas. 

“Dalam Diklat tersebut salah satu tugasnya adalah harus membuat sebuah aksi perubahan atau inovasi yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada di masing-masing OPD,” kata Ibu Dwi Indah Widiastuti, di sela-sela acara sosialisasi dan launching Inovasi Cendok Ireng di Halaman Kantor Kelurahan Pasirkratonkramat, Minggu (27/8/2023).

Ibu Dwi Indah Widiastuti menjelaskan bahwa inovasi Cendok Ireng ini bekerjasama dengan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat yang ada di Kelurahan Pasirkratonkramat yaitu Kelompok KRPL Sejahtera, Kelompok Pokdakan dan TP PKK Keluarahan. Inovasi Cendok Ireng ini memanfaatkan Enceng Gondok yang selama ini dianggap sebagai gulma yang mengganggu maka dengan adanya Cendok Ireng ini diharapkan bisa menanggulangi permasalahan-permasalahan yang ada dengan mengolah Enceng Gondok menjadi Biokompos dan Palet Ikan.

Ibu Dwi Indah Widiastuti menyampaikan latar belakang dibuatnya inovasi Cendok Ireng ini adalah banyak tanaman enceng gondok yang tumbuh masif dan subur kurang dimanfaatkan sehingga perlu pendampingan agar tumbuhan ini mempunyai nilai tambah bagi masyarakat.

Dengan adanya pemberdayaan masyarakat mengelola enceng gondok ini semoga dapat mengurangi dampak negative dari keberadaan enceng gondok yang dapat mengurangi kadar oksigen di dalam air.
 
Ibu Sri Karyati selaku Camat Pekalongan Barat mengapresiasi atas launcingnya Cendok Ireng ini. Beliau menyampaikan bahwa agar masyarakat di Kelurahan Pasirkratonkramat bisa mendukung Inovasi Cendok Ireng ini, mengisi waktu dan belajar bersama-sama untuk pemanfaatan mengolah enceng gondok menjadi pupuk kompos dan pakan ikan. Siapa tahu nanti bisa menjadi sumber pengasilan bagi masyarakat Kelurahan Pasirkratonkramat.